UNTUK PERTAMA KALINYA CHINA MENGGUNAKAN AKTOR BERKULIT GELAP

UNTUK PERTAMA KALINYA CHINA MENGGUNAKAN AKTOR BERKULIT GELAP

Serial TV telah memicu kontroversi tentang penggunaan “wajah cokelat” setelah satu dari setiap aktornya. Menggelapkan kulitnya dengan riasan untuk memerankan seorang pekerja rumahan Filipina.
Dalam sebuah video yang beredar luas di dunia maya. Aktor Franchesca Wong terlihat merias wajah dengan kuas. Sambil mengumumkan bahwa dia menjadi “solar-tanning” dan “mengerjakan ulang. Menjadi orang lain” untuk perannya dalam drama supernatural penyiar TVB “Barrack O’Karma 1968″ .”
Dalam episode ketujuh serial tersebut, yang ditayangkan Selasa. Dia berperan sebagai pembantu rumah tangga yang dipekerjakan oleh pasangan yang mencurigainya berlatih voodoo. Selain menuduh aktor “berwajah cokelat” dan mengadopsi aksen Filipina untuk adegan-adegannya. Beberapa pengunjung mempermasalahkan pemeranan aktor Hong Kong atas aktor Filipina dan memperkuat stereotip negatif.

BANYAK REAKSI DI SOSIAL MEDIA SOAL FILM INI

Menulis di Facebook, Konsul Jenderal Filipina di Hong Kong, Raly Tejada, menggambarkan pertunjukan itu sebagai “benar-benar bodoh, tidak sensitif dan jelas menjijikkan.”
“Tidak dapat disangkal bahwa penggambaran pembantu Filipina dan penggunaan wajah cokelat memperkuat stereotip buruk yang menandakan ‘Ban Mui,'” katanya, merujuk pada istilah slang Kanton yang menyinggung untuk wanita muda Filipina.
Sementara etnis minoritas hanya menyumbang 4% dari populasi Hong Kong, kota ini adalah rumah bagi dua ratus ribu pekerja rumah tangga Filipina, banyak dari mereka menghadapi diskriminasi, kondisi berjalan negatif dan tantangan substansial untuk mendapatkan hak tinggal. Sebuah survei tahun 2019 terhadap lebih dari 5.000 pekerja rumah tangga di Hong Kong menemukan bahwa kurang dari setengahnya telah dilengkapi dengan kamar tidur pribadi, sementara empat puluh empat persen menyatakan bekerja lebih dari enam belas jam sehari.
Beberapa pengecer media di Hong Kong memuji kinerja Wong secara keseluruhan. Situs berita lokal HK01 menulis bahwa aktor tersebut telah memberikan “pertunjukan super”, termasuk bahwa “dia benar-benar wanita yang cantik.”

TANGGAPAN YANG TERJADI DENGAN PROMOSI FILM INI

Pada hari Rabu, aktor, yang dibesarkan di Kanada dan Hong Kong, membagikan foto promosi dari acara tersebut ke Instagram. Kiriman tersebut telah menarik lebih dari 1.700 komentar, banyak di antaranya mengkritik penampilannya secara keseluruhan dan “wajah cokelatnya” sebagai tidak sensitif secara budaya.
“Bagaimana beberapa manusia begitu tidak menyadari rasisme terang-terangan lmao,” periksa salah satu tanggapan “suka” maksimum. “Benar-benar mengecewakan.”
“Kamu tidak pantas memainkan posisi seseorang yang melalui begitu banyak hal untuk mendukung lingkaran kerabat mereka di tempat-tempat terpencil,” baca yang lain. “Ini adalah aktivitas sulit yang kamu gambarkan sebagai cerita lucu.”

You may also like...